Daisypath Vacation tickers

Friday, April 13, 2012

Jenjang Kebutuhan Manusia


Jika kesuksesan diibaratkan sebuah menara, kita tidak akan mungkin mencapai puncak tanpa menapaki satu demi satu tangganya. Ketika kita mendaki tangga pertama, itulah keberhasilan pertama. Tangga kedua, keberhasilan kedua. Tangga ke sepuluh tak akan mungkin terlewati tanpa tangga ke tiga, empat, lima dan seterusnya. Jika telah merasa puas sementara kita baru saja melewati tangga pertama, kita tak akan memiliki etos untuk naik ke tangga selanjutnya jadi "bye success".
Menurut Abraham Maslow, manusia memiliki 7 jenjang kebutuhan :

1. Kebutuhan Fisiologis
Kebutuhan yang paling mendasar yang harus dipenuhi untuk mempertahankan hidup, misal udara, air, makanan, dan istirahat.

2. Kebutuhan Keamanan
Berupa jaminan kesejahteraan, kepastian hukum, ketertiban masyarakat, bebas dari gangguan orang lain dan sebagainya, yang membuat seseorang merasa aman.

3. Kebutuhan Berkelompok dan Berkasih Sayang
Kebutuhan ini muncul setelah rasa aman dimiliki oleh seseorang, misal  kebutuhan untuk bersahabat, membangun keluarga yang harmonis, mendapatkan teman-teman kerja yang kompak, serta kebutuhan untuk memberi dan menerima kasih sayang.

4. Kebutuhan Terhadap Penghargaan
Ini meliputi penghargaan dari orang lain maupun penghargaan dari diri sendiri (harga diri). Wujud dari kebutuhan ini misal adanya popularitas, martabat tinggi, simbol-simbol prestige dan sebagainya.

5. Kebutuhan Kognitif
Kebutuhan akan ilmu pengetahuan. Bagi orang yang telah mencapai tingkat kebutuhan ini, informasi alias pengetahuan merupakan nutrisi otak yang harus dipenuhi meskipun untuk itu ia harus bermahal-mahal.

6. Kebutuhan Estetis
Kebutuhan akan keindahan atau cita rasa seni. Misal kebutuhan untuk mendekor rumahnya dengan cita rasa tinggi, mengoleksi lukisan-lukisan dan sebagainya.

7. Kebutuhan Diakui Ekstensi Dirinya
Ini adalah kebutuhan tertinggi, yang akan terpenuhi jika kita bisa menjadi apa saja sesuai dengan semua bakat, kualitas, dan kecakapan yang kita miliki. Di tingkat teratas ini, orang perlu mengembangkan diri sehingga berhasil mencapai puncak prestasi.

1 comment: